Jumat, 18 Maret 2016

Solo Traveling ke Singapura dan Thailand Part 2: Phuket

Gw lanjutin lagi ya, kalau ada yang belum baca part 1 nya, bisa cek di:

Solo Traveling ke Singapura dan Thailand: Part 1. Singapura

Sekarang ceritanya gw habis landing di Phuket.

23.00
Sampai bandara Phuket. Keluar bandara langsung ngatre untuk ambil SIM gratis. Ya gimana ya, 1 pesawat ngantre SIM gratis, yang melayani cuma 1. Cukup lama itu akhirnya sampai giliran gw. Ditawarin mau paket yang berapa hari. Karena gw mikir cumin beberapa hari di Thailand, gw ambil paket yang 3 hari (200 bath=80000 rupiah). Kalau paket 7 hari harganya 300 bath (120000). Harusnya beli yang 7 hari sekalian ya. Jadi ya pemirsa, paket 3 hari itu diitungnya dari tanggal lo daftar. Paket gw berlaku dari 5 - 7 Maret 2016. Karena gw baru regis paket tanggal 5 Maret 2016 pukul 23.00, 1 jam lagi hangus dah tuh 1 hari paket gw. Jadi tinggal sisa 2 hari -_-.

Terus gw nyari musholla, nanya ke petugas.
A             : Is there any musholla here?
B             : Sembahyang?
A             : Yes
B             : Malaysian?
A             : Indonesian

Dia langsung ngaterin ke lift. Mushollanya ada di lantai 2. Gw kesana sholat, terus tidur.

Antre SIM gratis

Daftar paketan internet

Petunjuk ke arah mushola

Kondisi mushola dan sekaligus tempat gw tidur

Suasana Phuket Intl Airport dari lantai 2


Hari ke-3. Phuket: 1 day city tour

04.00
Bangun tidur Alhamdulillah ternyata ngga diusir dari musholla haha. Jam 05.00 ada orang datang mau sholat. Berbekal pengalaman gw sebelumnya, dimana gw kecepetan sholat subuhnya, gw tanya aja tuh orang mau sholat apa? Dia bilang mau sholat subuh. Tetot! Gw tunjukin kalo waktunya belum sholat subuh. Gw tinggal aja dia ke toilet. Pas gw balik, dia udah ngga ada. Laah kemana dia, apakah dia ngga jadi sholat subuh? Pas sholat subuh lumayan rame mushollanya. Masih banyak penduduk muslim di Phuket ini.

Jam 06.00 gw keluar bandara karena haus banget. Gw nyari minimarket. Karena otak gw belum sinkron sama currency bath, gw beli aja tuh air minum ukuran tanggung seharga 65 bath (26000 rupiah). Mahal juga T.T. Tapi ngga apa lah daripada dehidrasi. Gw menuju ke arah airport bus, ada di sebelah kiri keluar bandara. Suasananya masih gelap. Gw tanya petugas, eeee malah dia ngomong bahasa alien, alias gw ngga ngerti. Setelah searching-searching, airport bus pertama akan berangkat pada pukul 08.00. Masih lama euy. Jam 07.30 airport busnya datang. Warnanya kuning. Gw naik, tidur di atas. Bisnya baru berangkat jam 08.00. Lumayan padet di situ. Bisnya kecil. Harganya 40 bath (16000 rupiah). Murah juga. Perjalanan gw lanjutkan ke Bus Station Therminal 1 Phuket. Sekitar 1 jam baru nyampe.




Suasana depan Bandara Phuket
Tempat menunggu airport bus

Di dalam airport bus


09.00
Sampai di terminal bus 1, gw udah searching tempat yang bakal gw inepin. Namanya Journey Guesthouse. Cukup 200 meter dari terminal. Btw, di terminal ini juga ada bus ke Krabi.


Phuket Bus Terminal 1
10.00
Gw check in, harga per kamarnya 250 bath (100000 rupiah). Cukup bersih, pakai AC, 1 kamar isinya 4 kasur. Pas itu cuman gw doing yang nempatin hehe. Gw kira kalo check in sebelum jam 12.00 itu akan kehitung 1 hari gitu kan, ternyata engga. Gw cumin bayar 250 bath. Dapet sarapan gratis pula. Sarapannya berupa roti bakar yang diberi selai-selai aneh plus minuman yang bias milih sendiri. Ada teh, kopi, susu. Habis makan gw tidur, karena gw belum ketemu kasur dalam beberapa hari hehe.


Penampakan kamar di Journey Guesthouse
Sarapan dulu

13.00
Baru bangun jam 13.00 haha, gw merasa bersalah. Itin gw hari ini harusnya adalah keliling phuket, nyari tiket phi phi, nyewa motor, beli tiket bus ke Bangkok. Banyak ya

Tiket Phi Phi
Gw masih inget bahwa gw nimpen nomor di blog. Namanya Ladda. Gw whatsapp aja. Dia fast response. Gw ga nyebutin gw darimana tapi dia tau kalo gw dari Indonesia. Pada akhirnya dia kasih harga 1600 bath (640000 rupiah) untuk tour phi phi berupa main ke Maya Bay, sight seeing monkey Island, pile cave, swimming di Loh Sama Bay, makan di Phi Phi Don, swimming di Khai Island. Gw tawar 1500 bath, katanya its OK if 1500 but I will turn you back to your guesthouse. Yah karena gw mau langsung ke Phuket Bus Station Terminal 2 (yang lumayan jauh dari guesthouse dan gw gatau harus naik apa ke sana), jadi gw okein aja 1600. Jadi phiphi tournya seharga 1500 bath dan transport ke Terminalnya seharga 100 bath.

Tiket bus menuju Bangkok
Setelah tanya Ladda, ternyata bias pesan ots di terminal 2. Yaudah gw pesen besok aja.

Sewa motor
Di guesthouse ternyata ada sewa motor. Gw sewa aja, harganya 250 bath (100000 rupiah), motornya motor beat tapi dengan merk Thailand.


Penampakan motor sewaan


14.00
Gw akhirnya pergi mengelilingi Phuket. Pertama gw isi bensin dulu. 1 liternya 22,6 bath (9000an rupiah). Jadi gw ke pom bensin, ngikut ngantre aja sama motor-motor yang lain, secara gw ngga ngerti ini yang mana ngisinya. Tulisannya keriting semua. Di belakang gw ada bule tanya ke penduduk lokal, yang intinya:

A             : Berapa liter saya harus menambah bensinnya supaya bar nya naik 2 strip?
B             :*seperti ngitung-ngitung*, 80
A             : 80 liter?
B             : 80 bath

Tapi setelah gw itung-itung, 80 bath itu dapet 4 liter an. Kebanyakan deh. Gw beli aja 50 bath. Langsung full tuh bensin hahaha.

Muka gw saat naik motor :(

Isi bensin doloooo

15.00
Menuju ke Wat Chalong berbekan gmaps dan arahan di jalan. Akhrinya sampai. Di sini gratis parkirnya. Turun terus foto-foto. Panas euy.


Selfie dolooo



Penampakan Wat Chalong
Pusing pala bebi

16.00
Menuju ke Big Budha. Ini lokasinya agak ke gunung-gunung gitu. Lagi tahap renovasi. Di situ ada semacam danusan gitu. Beli 1 keramik untuk ditulis-tulisin. Nantinya keramik ini akan dipasang di Big Budha nya.


Big Budha dari parkiran

Big Budha yang putih

Big Budha yang kuning
Big Budha 0 meter away

Danusan di Big Budha

Forever love and happiness :)

17.00
Destinasi selanjutnya adalah Kata atau Karon Beach. Ini emang sejalan sama itin yang udah gw buat sih. Ngikutin petunjuk jalan. Eeeee gw malah nyasar sampai ujung Phuket, deket sama Phromtape Cape yang merupakan tujuan akhirnya gw untuk melihat sunset. Gw puter balik untuk ke Karon beach. Jauh juga. Sebelum nyampe Karon Beach ini ada yang namanya Karon View Point. Dari sini view lautnya bagus.

Karon View Point

Enaknya yang berduaan :(

Pasir putih di Karon Beach

Pemandangan di Karon Beach

18.00
Setelah foto-foto di Karon Beach gue menuju ke Phromtape Cape yang tadi. Pas banget di sana gw dapet sunset. Bagusssss. Most favourite place in Phuket. Selesai sunset, gw berencana menuju ke kehidupan malam Phuket, yaitu ke Patong Beach dan Bang la Road. Tapi, melihat fisik gw yang lemah ini, gw putuskan untuk balik aja ke guest house. Capeeee. Pulangnya gw mampir sevel, gw belum makan dari tadi sarapan T.T


Side view of Phromtape Cape

Suasana Phromtape Cape

Wajib selfie lah

That it the sunset!

Di sevel gw nemu To Kae Noi isi 9 sheet seharha 60 bath (24000 rupiah). Kalau di Indonesia 1 sheet nya aja harganya 5000 rupiah T.T. Terus gw beli nasi goreng sama spageti. Beli 2 karena lapernya kebangetan. Pas di kasir:

A             : 120 bath
B             : Ngasih uang
A             : !$#!^^%!&??
B             : Haaahhh???
C             : Warm? Warm?
B             : Yes

Jadi ceritanya dia nawarin makanannya mau diangetin atau engga, tapi bahasanya pake thai jadi pusing sendiri gw nya. Akhirnya ada mas-mas sampingnya bantuin. Dan sekali lagi, di sevel juga ga ada parkir. Ngga kaya di Ind*mart Alf*mart tau-tau pas mau keluar ada tukang parkir yang entah muncul dari mana.

19.00
Sampai guesthouse gw makan terus packing buat besok siap-siap tour phi phi. Bakal dijemput jam 08.15 di guesthouse. Akhirnya gw tidur, jam 21.00 ada yang masuk, ternyata ada bule nginep juga di kamar gw. Dia bilang, sorry for make you wake up. Gw bablas tidur aja lagi. Dia keluar, terus nawarin “Do you want mee to turn of the light?”. Gw jawab aja it’s okeyy. Eeee dimatiin lampunya. Yaudah gw tidur.


Hari 4. Phuket: Phi phi tour

07.30
Gw udah siap check out, eeee mas-mas guesthousenya masih tidur. Gw bangunin. Gw check out, sembari srapan gratisssss hahaa. Oiya sama mau balikin kunci motor, dia bilang nanti ya, karena belum buka -_-. Oke, jam 08.00 gw follow up, balikin motor dan selesai sarapan, jam 8.20 gw dijemput van menuju ke Pierr.

08.30
Gw sampai pelabuhan Pierr. Cuman 15 menit dari guesthouse. Gw dikasih gelang warna hijau. Ternyata banyak juga yang bergelang hijau. Gw tunggu sampai jam 10.00 baru siap berangkat. Di saat nunggu gw ketemu ibu-ibu dari Indonesia. Dia bilang bayar phi phi tour nya 1200. Tapi pas di sana masih ditagih 400 bath untuk masuk ke National Park. Entah apa yang dilakukannya setelah itu, pokoknya dia berhasil berangkat. Di sini ga banyak cerita, gw share foto-fotonya aja.


Ngemil To Kae Noi yang semlem gw beli

Brefing by ladyboy sebelum berangkat
Suasana dalam speedboat
Ini pasangan dari Indonesia, yang akan berperan dalam cerita selanjutnya

11.00
Maya Bay. Pernah nonton film The Beach yang ada Leonardo De Caprionya? Iya di sini tempat syutingnya. Tim gw disebut Papaya team, jadi nanti kalau sudah selesai di Maya Bay, akan diteriaki PAPAYAA TEAAMMM!!

Gw waktu itu agak skip sih emang. Gw denger pemandungnya (namanya Mickey), bilang waktu di Maya Bay 40 menit aja. Sampai jam 11.40. Tapi kenapa gw mikirnya ampe jam 12.00 ya haha. Gw foto-foto di situ. Terus penasaran untuk masuk ke dalem, 100 meter lagi ada *gw lupa namanya*. Gw masuk ke dalem, foto di sana. Terus pas balik udah jam 11.45 haha. Gw lari-lari ke Maya Bay. Terus kok gw ngga lihat teriakan PAPAYAAA TEAAAAM. Yaudah gw jalan aja, tau-tau dari belang ada yang megang (?)

X             : papaya team?
A             : Yes
X             : Udah ditungguin lama mas, engga enak sama yang lain
A             :*lhaah pake bahasa Indonesia*

Mas-mas yang ada di foto sebelumnya itu ternyata menyelamatkan gw dari ketersesatan haha. Gw balik ke speedboad dengan muka innocent. Ternyata mereka sudah nungguin hamper 10 menit hehe. Hampir aja gw ilang.


Akhirnya enggak selfie

Suasana di Maya Bay

Mbak itu yang di belakang minggir dulu kali


Tetep selfie

Ini yang bikin gw hampir ketinggalan kapal

Bela-belain ke sini sampai hampir ketinggalan kapal

Tujuan selanjutnya sightseeing melewati Monkey Island dan Pile Cave. Cuman lihat dari luar aja. Terus kita snorkeling. Disewain alat-alatnya gratis, kecuali fin bias sewa sendiri seharga 100 bath. Katanya di bawah banyak bulu babi, dan kalau kena, jarum dari bulu babi itu akan patah di kaki dan baru bisa keluar setelah seminggu. Serem juga. Tapi gw engga nyewa fin sih hehe.


Mbak ati-ati :"

Beautifull longboat

Sarang walet

Ngasih makan kera
Selesai snorkeling kita ke Phi Phi Don untuk makan. Makanannya dijamin halal. Mirip makanan Indonesia cumin aga asem gitu rassanya. Selesai dari sana kita menuju Khai Island. Di sini kita diminta nyewa tenda, harganya 150 bath (dapet 1 payung + 2 kursi). Gw patungan aja sama suami istri yang asalnya dari Indonesia. Di sana gw snorkeling lagi di deket batu-batu. Lumayan cetek tapi ikannya banyak.


Makan di Phi Phi Don

Menu makannya

Pantai di Phi Phi Don

Berjemur di Khai Island


Akhir dari Phi Phi tour, taken at Khai Island

17.00
Jam 17.00 akhirnya gw balik lagi ke Pierr. Gw ganti celana gw yang lembab terus langsung menuju van untuk balik. Ternyata supirnya miskom. Dia anterin gw ke Journey guesthouse, padahal kan gw minta dianterin ke Phuket Bus Station Terminal 2. Yaudah karena dia ngga bias Bahasa Inggris, gw tunjukin aja whatsapp gw dengan Ladda. Cuss gw ke Terminal 2. Lumayan jauh jaraknya.

18.00
Sampai Phuket Bus Station Terminal 2 gw langsung ke information. Gw diminta ke loket  1, 2 atau 3 untuk bus tujuan Bangkok. Gw lihat harganya 587 Bath (240000), sesuai dengan yang gw searching di internet. Udah oke, ternyata mbaknya bilang kursinya habis -_-. Laah, terus gw ditawarin yang VIP. Harganya 800 bath (360000). Mahal juga. Tapi dia kasih fiskon jadi 750 bath (300000). Gw ngga mau, gw tawar 620 bath dia ngga mau. Gw bingung, gw kira binya Cuma 1 itu. Eeee ternyata loket sampingnya (loket 3) nawarin juga ahaha. Dan harganya sama. Yowiss gw book yang 587 bath tadi. Gw ngga tau itu bias ditawar atau engga. Dengan kondisi baju gw lembab, hamper kering, dan belum bilas (rambur gw kusut masih berpasir), gw langung masuk ke bus yang tingkat 2. Di atas gw pake celana panjang gw haha. Terus cuss deh ke Bangkok


Tiket bus ke Bangkok
00.00
Sekitar tengah malam tahu-tahu pramugari busnya teriak-teriak dalam bahasa cempreng. Gw ngga tau dia ngomong apa, untungnya depan gw ada bule. Dibilangnya “Bus stop 20 minute, bring the ticket to eat”. Gw turun untuk makan, ini termpat gw ngga asing lagi. Gw pernah mampir ke sini pas sebelumnya berkesempatan melakukan perjalajan KL-Bangkok via Hatyai. Karena gw udah ke sini, jadinya lansung gw tanyakan apakah makanannya halal? Diajawab kalau yang jalal bias ke area halal. Di area halal ini dibatesi sama pager dan setiap yang jual ada marking bulan bintangnya. Tapi gw masih bingung. Gw lihat-lihat dulu sambil bawa tiket, ternyata penjualnya udah ngerti. Gw ditujukan ke semacam warteg gitu haha. Katanya dapat milih 2 jenis. 

Suasana tempat makan, ada pagernya untuk area halal


Nasi telor sayur :"
Penampakan bis malam 2 tingkat

Rincian pengeluaran gw selama 2 hari di Phuket adalah sebagai berikut:

Hari 3. Phuket
Pulsa                    80000
Minum                  26000
Airport bus           16000
Guesthouse       100000
Motor                 100000
Bensin                 20000
Kelapa                 12000
Jajan di sevel      52000
Total                   406000

Hari 4. Phuket
Phiphi tour          640000
Sewa payung       30000
Bis ke Bangkok  240000
Total                   910000

That's all for Phuket. Selamat lanjut tidur, bangun-bangun sudah nyampe Bangkok. Tautannya bisa dilihat di sini:

Solo Traveling ke Singapura dan Thailand: Part 3. Bangkok

Terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar