Kamis, 17 Maret 2016

Solo Traveling ke Singapura dan Thailand Part 1: Singapura

Hi!

Akhirnya gw bias juga ya nulis blog haha, setelah sekian lama mengalami kegaptekan gabisa bikin blog. Di post pertama ini gw pengen menceritakan pengalaman solo travel gw beberapa waktu yang lalu. Setelah 1 tahun lamanya paspor gw rusak dan ngga gw bener-benerin, akhirnya ada niatan juga untuk mengurusnya. Pengalaman mengurus paspor rusak gw akan gw ceritakan di postingan lain.

Langsung aja, gw kemarin berkesempatan untuk solo travel dengan rute:

JAKARTA – SINGAPURA – PHUKET (THAI) – BANGKOK (THAI)

Rute ini gw pilih melihat harga pesawat yang saat itu menurut gw murah. Walau pun bukan semurah promo-promi Air Asia. Rincian tiket gw:

JAKARTA – SINGPURA (JETSTAR) DEPARTURE 21.55 JUMAT, 4 MARET 2016
SINGAPURA – PHUKET (JETSTAR) DEPARTURE 20.55 SABTU, 5 MARET 2016
BANGKOK – SINGAPURA (TIGER) DEPARTURE 20.30 RABU, 9 MARET 2016
SINGAPURA – JAKARTA (TIGER) DEPARTURE 07.30 KAMIS, 10 MARET 2016

Jadi waktu itu gw beli tiket ini jauh-jauh hari, sekitar bulan November 2015. Waktu itu baru beli tiket perginya karena gausah pakai isi-isi nomor paspor (paspor gw rusak), jadi gw beli dengan harga 904000. Tiket baliknya nyusul baru gw beli H-7, ternyata masih murah juga seharga 878000. Iseng-iseng gw cek harga tiket pesawat berangkatnya, udah naik jadi 1juta lebih. Untung yang tiket berangkat udah beli jauh-jauh hari.

Rangkumannya, tiket pesawat PP tersebut terbeli dengan harga 1782000 PP. Rencana perjalanan gw adalah, gw akan transit dan jalan-jalan sehari di Singapura, 2 hari di Phuket dan 2 hari di Bangkok dari Jumat, 4 Maret 2016 sampai Kamis 10 Maret 2016. Ambil cuti 2 hari (Tanggal 7 dan 8 Maret + libur Nyepi tanggal 9 Maret).

Gw packing H-1 nya dengan hasil packing: 1 tas jansport + 1 tas jinjing untuk 5 hari

Itinerary

Kamis, 10 Maret 2016
08.00 – 10.00      Otw Jakarta
10.00 - ……….    Otw kosan SELESAIIIIII

Hari 1. Departure dari Soetta: Tersasar di Negeri Sendiri

16.00
Akhirnya hari ini datang juga setelah lama gw nunggu dari beli tiketnya (November 2015). Sore hari setelah bel pulang kerja gw langsung sholat terus ganti seragam. Seragam gw gw tinggal di kantor karena menuh-menuhin tas haha (prinsip backpacker, gamau bawa banyak-banyak). Naik gojek ke Rawamangun. Damri berangkat jam 17.00. Alhamdulillah ngga macet. Sampai di Soetta jam 18.30. Di traveloka gw, disebutkan bahwa Jetsar ada di Terminal 2D. Damri melewati terminal 1, kemudian menuju terminal 2.

*Saat di Terminal 2*
M            : Mas Damri
A             : Andro
B             : Mas-mas asing
M            : Terminal 2, Garuda!
A             : *Siap-siap turun*
B             : Mas terminal 2 itu mana, ya?
A             : Oh, sini mas. Terminal 2 apa?
B             : 2D
A             : Mau kemana, jam berapa, pesawat apa?
B             : Ke singapura jam 21.55 pakai Jetstar
A             : Lah, sama dong kita!

Gw pikir ya, karena terminal 2 itu sampai F, gw kira mas-mas Damrinya akan berhenti di setiap subterminal. Ternyata setelah teriak “Terminal 2, Garuda!” tadi Damrinya langsung keluar menuju Terminal 3. Gw bilang aja ke mas B tadi bahwa kita salah, nanti naik shuttle aja dari Terminal 3 untuk ke Terminal 2.

Setelah sampai Terminal 3, haduhhh macetnyaaaaaa. Kita berdua nunggu shuttle tapi ngga dateng-dateng. Udah nunggu 20 menit tapi bis di depan kita cuman gerak ga lebih dari 10 meter. Akhirnya kita putar otak. Jam sudah menunjukkan pukul 19.00. Masih lama, pikir gw. Gw cek gmaps, ternyata kalau jalan sekitar 30 menit. Yaudah kita jalan. DI tengah jalan ada ojek banyak banget nawarin harga 50000. Nooo! Mahal. Jalan aja.

Rute dari Terminal 3 ke Terminal 2 by Gmaps

Setelah jalan mengikuti arahan gmaps, sedikit ngobrol-ngobrol sama mas B tadi, dia ternyata dari Bekasi mau liburan di SG dan KL dengan pakai tour & travel. 3juta full akomodasi. Ada beberapa orang yang akan berangkat. Temen-temennya udah pada nungguin di Terminal 2.

Di tengah jalan menuju Terminal 2, ada pos polisi. Malu bertanya sesat di jalan. Ternyata Terminal 2 itu deket banget dari pos polisi itu. Tepatnya di belakang pos polisi. Kita motong jalan akhirnya langsung terlihat penampakan Terminal 2. Alhamdulillah. Sampai Terminal 2 jam 19.30. Dan lo tau ga, temennya si mas B tadi ternyata ada yang nyasar juga di Terminal 3 -_- nyasarnya bisa samaan gini haha. Akhirnynya gw pamitan masuk duluan.

20.30
Gw masuk imigrasi, pakai e-paspor gw katanya ada GTO buat pengguna e-paspor. Gw masuk aja di GTO nya itu. Celingukan ga ada orang. Akhirnya ada petugas lewat, diajari cara nge-tap e-paspor dan terus retina kita di-scan gitu. Canggih ehhe. Tapi gw ga dapet cap imigrasi :(

Gw sholat terus nunggu boarding di mushola. Jam 21.00 gw menuju gate C. Kosong melompong saudara-saudara! Ternyata gate nya pindah ke gate D. -_- Udah panik aja kirain udah boarding.

Hari 2. Singapura: Fisik ini sudah lemah

00.00
Sampai di Terminal 1 Changi Airport, gw enggak keluar imigrasi karena gw mau nginep di Changi. Gw muter-muter nyari tempat yang enak, akhirnya di kursi-kursi juga -_-. Tidur sampai jam 04.00 dan waktu itu ada skuriti-sekuriti banyak banget yang ngebangunin orang-orang yang nginep. Mana bawa senjata pula. Gw tunjukin boarding pass gw. Dia tanya next flight nya kapan. Gw tunjukin boaring pass next flight gw (Alhamdulillah gw udah ngeprint boarding pass buat next flight). OK. Gw diperbolehkan nginep. Gw lanjut tidur.

Tidur di Changi

05.00
Gw ke mushola mau sholat. Gw sholat subuh, ternyata belum waktunya -_-. Gw jadinya malah sholat Tahajud :p. Subuhnya jam 05.55. Gw nunggu di dalem dingin banget.

07.00
Gw keluar imigrasi, gw nyari gate GTO tapi kok ngga ada. Adanya khusus buat crew -_-. Gw lewat imigrasi yang biasa aja. Ditanyain sama imigrasi, mau kemana. Gw jawab aja mau jalan-jalan ke sg.

I                 Semalam kamu ngapain di Changi?
A              : Tidur
I               : Harusnya ndak boleh ini, lain kali saya suruh sekuriti usir kamu.
A              :*mengernyitkan dahi*
I               : Nak mau kemana?
A              : Jalan-jalan
I               : Ke mana?
A              : Merlion
I               : Naik apa?
A              : MRT

Ini orang kayanknya ngetes gw ya. Alhamdulillah bisa keluar imigrasi. Pelajaran sih buat yang mau nginep Changi, mendingan habis landing keluar imigrasi dulu terus check in lagi buat dapet boarding pass. Terus tidur deh di dalem.

09.00
Naik MRT mengikuti petunjuk arah di Changi (Train to City), akhirnya gw menuju ke Esplanade. Turun sana foto-foto di depan Esplanade terus jalan ke Merlion. Pas di Merlion gw ketemu sama temen sesasaran gw pas di Soetta sebelumnya. Dapat kabar dari dia, bahwa 3 temennya ngga jadi berangkat. 1 yang nyasar di Terminal 3. 2 lainnya ada masalah di bagasi, dan ngurusnya lama sampai boarding belum selesai. Padahal salah satu di antara yang ngga berangkat itu adalah juru kuncinya, yang bawa semua tiket-tiket akomodasi :(

Di sini ada jembatan baru dibangun saat ultah ke-50 Singapura. Foto-foto di sana. Rame juga. Dan panas. Terus mau lanjut ke Garden by the Bay. Jalan aja ke arah Double Helix Bridge, menuju Marina Bay. Di situ aja petunjuknya. Jalan akhirnya sampai di Garden by the Bay.

Esplanade

Ketemu temen gw yang nyasar bareng di Soetta

Jubilee Bridge, dibangun dalam rangka 50th Singapura

Foto mainstream di Merlion

Helix Bridge
Interior di The Shoppes

Ikuti petunjuk ke Garden by The Bay

Interior di Marina Bay Sands

Marina Bay Sands dari bawah

12.00
Foto-foto di Garden by the Bay. Mau naik ke atasnya, bayar 5 SGD (45000 rupiah). Tapi ngantre banget ya. Gw ngga jadi naik. Terus nyampai di Flower Dome dan Rainy Forest Dome, dengan biaya masuk 20-an SGD (180000an). Gw juga ngga masuk karena hemat budget hehe. Sudah puas foto-foto akhirnya ke next destination.

Mau naik ke pohon tapi antreee

Beautifull Garden by the Bay
Selfie dulu laaah
14.00
Naik MRT lagi dari Esplanade ke Bugis. Turun sana, menuju ke Haji Lane. Jalan dikit deket Rafless Hospital, di sana ada daerah muslim. Perkampungannya lumayan colourfull. Asyik buat foto-foto. Terus karena sudah lapar sekali, gw mampir ke Kapung Glam. Sebenernya ini kaya warteg aja sih. Cuman karena laper banget dan pengen makanan yang kenyang banget. Akhirnya gw beli di sini. Nasi sayur udang dan telur asin, plus the tarik seharga 6 SGD (54000 rupiah). Kenyaanggg.

Selfie dulu

Selfie lagi

Kampung Glam

Makanan di Kampung Glam

Assalamu'alaikum

Masjid Sultan

15.00
Menuju ke Bugis, tinggal jalan aja ke arah MRT Bugis, dari situ udah deket. Di sini banyak yang jualan souvenir, kaya gantungan kunci, baju, tas, makanan-makanan hits kaya kit-kat green tea, ovomaltine dll. Tapi yak arena gw baru hari ke 2 perjalanan, gw gamau beli yang besar-besar, gw beli aja gantungan kunci seharga 10 SGD berjumlah 24 pcs hahaha (1 pcs nya 4000 rupiah berarti)

Seberang jalan udah Bugis Street tuh

Jus murah di Bugis

Suasana Bugis Street

16.00
Gw mau ke next destination kaya China Town, Mustafa, Little India, dll. Tp gw pikir itu nanti juga sama kaya Bugis, shopping-shoppingan gitu, yaudah gw skip. Capek juga hahaha. Gw menuju Changi aja.

17.00
Gw check in dan tidur di area waving flag. Tidur aja gitu sambil internetan haha. Cukup melepas lelah untuk nunggu boarding jam 20.30

Rincian pengeluaran gw selama hari pertama dan kedua adalah sebagai berikut:

Hari 1. Jakarta
Gojek                    17000
Damri                    40000
Total                      57000

Hari 2. Singapura
MRT                    100000
Minum                   50000
Oleh-oleh            100000

Total                    250000

Lanjutan ceritanya akan membahas kehidupan gw pas nyampe Phuket, Thailand. Lanjut di tulisan selanjutnya yaaa. Bisa dicek di: